Latest Movie :

Cara Menghemat Baterai Handphone Anda Agar Lebih Tahan Lama

Handphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sebagai masyarakat modern dan telah mempengaruhi hidup kita sehingga akan sangat kerepotan apabila tanpa ponsel. Karena ini perangkat yang dioperasikan dengan baterai, maka sebagai keharusan untuk selalu mengisi ulang baterai sampai penuh sebelum digunakan kembali. Kita dapat menjaga bahwa ponsel tidak akan sering habis karena baterai rendah (lowbat), bahkan sampai mati atau rusak. Berikut ini beberapa tips menghemat baterai handphone (HP) sehingga baterai menjadi awet :


1. Salah satu penyebab utama yang sangat menguras baterai adalah  bermain game. Keasyikan bermain game ponsel memang kadang membuat ketagihan dan lupa waktu, jadi sebaiknya mulai sekarang untuk bisa membagi waktu dalam bermain game di ponsel, terutama ketika kita sedang dalam perjalanan di mana tidak ada fasilitas untuk mengisi ponsel ketika baterai ponsel habis.

2. Jika yakin tidak akan membuat panggilan apapun dan tidak akan ada panggilan masuk, terutama ketika Anda sangat repot atau sangat sibuk misalnya sedang mengendarai sepeda motor, atau di saat malam hari menjelang Anda tidur, lebih baik matikan ponsel Anda.

3. Jika sedang berada di area yang susah sinyal atau kekuatan sinyal lemah untuk jangka waktu yang lumayan lama, lebih baik matikan ponsel karena dalam proses pencarian sinyal ini kerja baterai akan lebih terkuras daripada dalam kondisi sinyal kuat.

4. Matikan lampu latar dan fungsi getar ponsel. Atur fungsi getar ketika kondisi ringtone dimatikan, atau hanya di tempat keramaian saja. Atau bila sedang di tempat  ramai lebih baik menggunakan ringtone yang lebih keras dari biasanya daripada menggunakan fungsi getar.

5. Lepaskanlah enhancement (headset, kabel data, dll) bila sudah tdk terpakai serta matikan fitur bluetooth, infrared, animasi dan fungsi getar pada ponsel, sebisa mungkin hindari penggunaan mode getar dan mode ringing bersamaan. Sedapat mungkin, gunakan mode getar pada saat yg diperlukan saja.

6. Kurangi brightness atau ketajaman layar LCD ponsel. Biasanya terletak di setting – display (tergantung jenis HP yang digunakan)

7. Untuk settingan gprs pilihlah : ‘when needed’ jangan pilih ‘when available’. Karena untuk searching2 signal gprs( 3G juga) bth daya yang besar. Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika HP sudah restart berkali-kali sebaiknya matikan dulu HP kamu beberapa saat. 

6. Jangan terlalu sering mematikan handphone untuk waktu yang sebentar.

7. Atur volume dering ponsel dalam posisi sedang dan jangan terlalu sering digabung dengan fungsi getar.

8. Charge batterai HP hanya bila sudah ada peringatan ‘Low bat’ jangan biasakan batterai HP kehabisan total daya. Kalaupun kebetulan saat low bat tidak membawa charger, lebih baik matikan saja hp, sebelum mati sendiri karena daya habis total. Jangan menggunakan charger mobil, pada saat posisi on, setengah-setengah atau gonta ganti charger.

9. Segera lepas charger hp jika sudah terlihat full. Sering kali baterai bocor dan drop disebabkan durasi pengisian baterai yang terlalu lama dan tidak tepat. Saat mengisi ulang baterai, sebaiknya pastikan kondisi HP dalam keadaan nonaktif (mati). Kondisi HP dalam keadaan mati membuat baterai HP menyerap tenaga dari sumber listrik lebih cepat dan mengisi tenaga dengan sempurna. Sebisa mungkin, charge HP jika baterai memang sudah perlu untuk diisi ulang. Isi baterai HP kamu selama kurang lebih 2 jam (dalam keadaan nonaktif) maka HP-mu sudah siap untuk digunakan kembali.

10. Jika baterai rusak, ganti dengan baterai HP yang original, supaya kualitas ponsel tetap terjaga.

Itulah tips menghemat baterai ponsel yang dapat kita lakukan sehingga baterai ponsel akan menjadi awet.


Share this article :

Posting Komentar

AYO COMENT . . . .!!!!
PENDAPAT ANDA SANGAT SAYA BUTUHKAN . . . .

 
Support : Creating Website | Blog King Queen | Ter-Jiplak
Copyright © 2013. Ter-Jiplak - Version Taufik
Template Created by Creating Website Published by Ter-Jiplak
Proudly powered by Taufik