Latest Movie :

Heboh Nurman Kamaru, Chaiyya chaiyya dan Bollywood

Briptu Norman, Google Search, dan Bollywood. Pertama kali mendengar nama Bollywood, pikiran melayang ke negeri Mahatma Gandhi, India. Tidak salah lagi, India merupakan sumber film Bollywood yang menurut suatu sumber jumlah film yang dirilis setiap tahunnya lebih besar dibandingkan dengan Hollywood, milik Paman Sam.


Beberapa tahun yang lalu, di stasiun televisi di Indonesia, film Bollywood menjadi trend. Banyak yang suka karena kalau ada yang jadi penjahat susah sekali matinya, demikian juga jagoan di film Bollywood, gagah, pintar menyanyi dan menari. Lalu siapa tidak kenal Shahrukh Khan, aktor Bollywood yang satu ini sungguh fenomenal. Satu-satunya filmnya yang tanpa menyanyi dan menari mungkin hanya My Name is Khan ….. and I am not a Terrorist. Selain itu, tentu anda ingat nama Salman Khan dan sekian banyak nama bintang Bollywood lainnya baik pria maupun wanita. Aktris Bollywood, selain cantik, tubuh sungguh mantap, belahan dada tersingkap, memakai Sari dan hebat menari. Kombinasi ini menjadi menu yang sangat pas dalam film Bollywood sehingga orang mau berlama-lama menontonnya.
Setelah beberapa waktu demam Bollywood mereka, kini demam itu mulai tumbuh kembali. Pemicunya, tiada lain seorang Briptu Polisi bernama Norman Kamaru yang menirukan lagu Shahrukh Khan, chaiyya chaiyya dalam sebuah video di YouTube. Norman menjadi bintang mendadak dan diminta tampil di mana-mana. Hampir semua stasiun televisi mengundangnya. Selain itu, Bollywood kembali marak di Indonesia. Mulai dari ring tone chaiyya chaiyya sampai pencarian di internet.
Berdasarkan catatan Google Search Insight, terdapat kenaikan yang sangat signifikan terhadap key word bollywood, norman kamaru, dan chaiyya chaiyya semejak video tersebut terkenal melalui YouTube. Coba kita perhatikan beberapa grafik berikut ini.
  1. Keyword Bollywood
  2. Keyword Norman Kamaru
  3. Keyword Chaiyya Chaiyya
Dari Google Trends yang kita lihat, hasilnya sama, memperlihatkan trend yang meningkat cukup pesat semenjak video tersebut dirilis di YouTube. Artinya Google memang tidak berbohong dengan realitas yang kini tengah marak di masyarakat Indonesia, banyak sekali yang mencari Bollywood, Norman Kamaru, dan Chaiyya Chaiyya. Selain itu video asli Shahrukh Khan, chaiyya chaiyya juga memperoleh berkah jumlah viewers dan juga komentar, sebagian besar dari Indonesia.
Bila kita analisis lebih jauh, ternyata selera di dunia nyata tidak jauh-jauh dari trend yang ada di dunia maya. Apalagi yang melahirkan Briptu Norman Kamaru sebenarnya adalah internet karena lebih dulu terkenal di internet dibandingkan di dunia nyata. Ketika marak Keong Racun, internet diserbu oleh Keong Racun, demikian juga ketika Briptu Norman dielu-elukan layaknya pahlawan di televisi, di internet pun orang bergerak mencari, memposting dan mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan Briptu Norman Kamaru. Hal ini akan menambah terkenal Briptu Norman Kamaru, walaupun pada awalnya ia tidak mengira hal ini akan terjadi. Ia akan segera merilis kontrak, mungkin menyanyikan lagu India, iklan produk atau apa pun seperti menjadi pemeran utama sebuah film bergenre Bollywood, India.
Di sini kita melihat sebuah kekuatan tidak tampak dari internet, terutama social media seperti YouTube. Tentu saja bukan sekali dua situs yang dimiliki Google ini melahirkan orang terkenal mendadak, catat saja Justin Bieber yang terus berkibar, Shinta dan Jojo dan banyak lainnya. Sampai sekarang kita bisa melihat sedikit persamaan di antara mereka, yaitu cepat sekali terkenal dan mendadak jadi bintang walau pada awalnya mereka mungkin tidak serius dengan apa yang mereka lakukan. Bahkan kini selain profil di Facebook di mana ia banyak sekali dimintai pertemanan sehingga Facebook terpaksa menngatakan This User Has Already Too Many Friend Request, Briptu Norman telah membuat Page sendiri dengan pengikut 84.592 orang. Jumlah yang sangat besar dalam waktu yang sangat pendek.
Dalam kasus Briptu Norman Kamaru, saya berpendapat kalau ia tidak memakai seragam polisi, kalau pun terkenal mungkin tidak akan seterkenal seperti sekarang ini. Seragam polisi yang identik dengan sikap tegas, menilang pengendara motor atau bahkan kejar-kejaran dengan penjahat, kini jadi berbeda di badan Briptu Norman Kamaru karena bisa dibawa dalam menyanyikan lagu India dan goyang Bollywood. Ternyata seragam polisi tidak bisa membatasi Briptu polisi itu ntuk bereksplorasi dan menunjukkan bakat terpendamnya. Hal ini seperti menggeser sedikit image polisi yang terkesan angker di mata masyarakat.
Kini, Briptu Norman Kamaru tidak hanya berjasa mengubah pandangan masyarakat terhadap polisi, meningkatkan atensi masyarakat terhadap profesi polisi, tetapi juga akan berpengaruh ke berbagai bidang lainnya. Hal yang sudah pasti, beberapa waktu ke depan mungkin akan semakin banyak orang mencari-cari film Bollywood terutama yang terkait dengan lagu Chaiyya Chaiyya, banyak juga yang mendownload lagu tersebut atau bahkan mungkin filmnya. Bagi mereka yang bisnis sensitif, ada bisnis ring tone untuk handphone dan bagi kompasiana mungkin salah satunya postingan ini.
Selamat untuk Briptu Norman Kamaru, nikmati waktu selagi jaya dan berharap tidak terlalu cepat dilupakan. Semoga bintang kali ini memiliki kelebihan dibandingkan bintang lain yang pernah dilahirkan oleh YouTube di Indonesia.
Hayo Video Chaiyya Chayya lagi di video di bawah ini.


Sumber:Kompasiana
Share this article :

Posting Komentar

AYO COMENT . . . .!!!!
PENDAPAT ANDA SANGAT SAYA BUTUHKAN . . . .

 
Support : Creating Website | Blog King Queen | Ter-Jiplak
Copyright © 2013. Ter-Jiplak - Version Taufik
Template Created by Creating Website Published by Ter-Jiplak
Proudly powered by Taufik