Latest Movie :

Kenapa Mobil Listrik Tidak Berkembang / Populer ?

electric car
Anda pernah tidak merasa ada hal yang aneh tentang mobil listrik, mobil yang bisa berjalan tanpa memakai BBM tapi menggunakan listrik sebagai penggeraknya. Mobil jenis ini sudah cukup lama didengung - dengungkan dan dikembangkan tidak hanya di Indonesia dengan Tuxuci-nya tapi di negara-negara lainnya pun sudah ada sejak lama. 

Terus anehnya dimana ? Anehnya adalah kenapa sampai saat ini masih saja sekedar wacana, ataupun kalau sudah dibuat tetapi kenapa tidak dibuat secara massal?. Apakah karena perkembangan mobil listrik memang belum sempurna ? Ataukah ada penyebab lain. Berikut jawabanya...

1. JARAK TEMPUH LEBIH PENDEK
Alasan ini tidak sepenuhnya benar, karena sekarang jarak tempuh mobil listrik semakin jauh. Lagi pula hal ini seharusnya tidak begitu masalah, karena 90% dari kita menggunakan mobil hanya untuk perjalanan jarak dekat (wira-wiri dalam kota).
Faktanya : mobil listrik saat ini jarak tempuhnya sudah mencapai 300miles (480km). 480km = jarak Jakarta - Semarang.
Jarak tempuh mobil listrik
2. MOBIL LISTRIK PELAN
Alasan ini salah, karena mobil listrik justru bisa berakselerasi lebih cepat dari mesin konvensional. Karena mobil listrik tidak perlu pindah gigi, dan torsi maksimum bisa didapat pada kecepatan berapapun. Bahkan mobil listrik lebih kencang dibanding mobil Porchse & BMW M5 sekalipun.
Speed Car
3. MOBIL LISTRIK GAMPANG RUSAK
Alasan ini tidak benar, karena Tesla Motor berani memberikan garansi untuk baterai hingga 8 tahun. Bahkan mobil listrik akan tahan lebih lama, karena penggunaan alumunium untuk body nya sehingga tidak akan termakan karat.
Charger Mobil listrik
4. NGE-CHARGE LAMA 
Alasan ini tidak sepenuhnya benar, karena mobil listrik buatan Tesla (Model S) cukup di cas 1 jam untuk dapat menempuh jarak 100km.
Charger Mobil listrik

5. STASIUN PENGISIAN LISTRIK TIDAK ADA/JARANG ADA
Alasan ini tidak lah benar, karena sekarang mobil listrik bisa di charge menggunakan AC Adaptor biasa. Cukup dicolokan ke soket listrik biasa (220v).
mobil listrik bisa di charge menggunakan AC Adaptor biasa
6. MOBIL TANPA GEARBOX BERBAHAYA
Hampir semua mobil listrik saat ini mempunyai rem regeneratif, sebagai ganti Engine Brake pada mesin konvensional. Rem Regeneratif ini bisa menghasilkan kembali energi listrik, dan pastinya akan menghemat kampas rem (karena hanya dengan mengangkat kaki dari pedal gas, mobil akan menjadi pelan). Disamping itu, hampir setiap mobil listrik mempunya rem konvensional. Sehingga tidak ada alasan, mobil listrik lebih berbahaya dibanding mobil konvensional. 
Bahkan mobil dengan Gearbox malah menambah beban mobil sehingga menjadi lebih pelan + jarak tempuh berkurang.

7. MOBIL LISTRIK TIDAK BERSUARA SEHINGGA BERBAHAYA
Mobil listrik memang tidak berisik, tapi tidaklah berbahaya. Karena mobil listrik kan juga dilengkapi klakson. So bahaya dari segi apa ya? TS juga bingung. So kenapa harus dibuat berisik? Justru lebih senyap, mobil akan jauh lebih nyaman.

8. HARGANYA MAHAL
Mungkin untuk saat ini alasan tsb benar, tapi seiring dengan berjalannya waktu + makin melambungnya harga bahan bakar minyak. Mobil listrik akan semakin murah dan mengalahkan mesin konvensional dalam biaya operational & perawatan

9. KEUNTUNGAN SEDIKIT
Alasan ini tepat sekali, karena mobil listrik memakai komponen jauh lebih sedikit & perawatannya lebih mudah dibanding mobil konvensional sehingga pabrikan mobil tidak begitu mempopulerkan mobil listrik. Bahkan GM pernah mengeluarkan mobil Listrik EV1, tetapi menarik kembali mobil tsb. Mungkin mereka sadar bahwa kalau mobil listrik populer, Revenue perusahaan mereka dalam hal sparepart & jasa service akan terancam.

Faktanya : Mobil Listrik = Lebih sedikit Komponen = Lebih Sedikit Perawatan. Mobil listrik populer, pabrik busi, filter udara, filter oli, pabrik kopling, dll terancam tutup.
Berikut adalah motor penggerak + batterai Tesla Model S. Cukup simple, dan pastinya minim perawatan.
Mobil listrik


10. MODELNYA JELEK / CUPU
Alasan ini tidak benar, mobil listrik sekarang modelnya keren2 kok. 
Mobil listrik
Source : www.teslamotors.com




Semoga membantu..!

Lihat artikel lainnya :
Misteri - Misteri Yang Belum Terpecahkan Sampai Saat Ini
10 Kejadian aneh Setelah Sembuh dari Koma
Artis Yang Gagal Operasi Plastik
Yang paling benar itu Pria atau Wanita?
5 Tipe orang menyebalkan saat ambil uang di ATM
Makanan Aneh Dari Seluruh Dunia










Share this article :

Posting Komentar

AYO COMENT . . . .!!!!
PENDAPAT ANDA SANGAT SAYA BUTUHKAN . . . .

 
Support : Creating Website | Blog King Queen | Ter-Jiplak
Copyright © 2013. Ter-Jiplak - Version Taufik
Template Created by Creating Website Published by Ter-Jiplak
Proudly powered by Taufik