1. Cakupan Proteksi
Kebanyakan antivirus pengaman mengklaim memiliki perlindungan 360⁰, atau bahkan keamanan 100%. Namun,
produk yang satu memiliki cakupan proteksi berbeda dengan yang lainnya. Antivirus yang baik, memiliki perlindungan yang bersifat klasik, yaitu terhadap virus trojan, worm, dan spyware.Selain itu, antivirus yang bagus juga harus melindungi komputer kita dari keyloggers, phising, scams, ancaman yang datang dari email, dan perlindungan terhadap rootkits.
2. Efektivitas
Sebagus apapun desain visual sebuah antivirus tidak akan berguna bila tidak efektif dalam menyingkirkan virus dan tidak memberikan pertahanan terhadap keyloggers, phising, rootkits, dan scams. Percuma bila satu saat virus tertentu telah berhasil dibuang, tetapi ternyata tidak efektif dan masih menyisakan gangguan pada komputer.
3. Kemudahan dalam Install dan Setup
Semakin cepat suatu antivirus memberikan keamanan dan perlindungan pada komputer kita, akan semakin baik. Untuk itu, antivirus harus mudah di-install dan di-setup pada komputer dan tidak membutuhkan keterampilan komputer tingkat tinggi untuk bisa digunakan.
4. Kemudahan dalam Penggunaan
Antivirus harus mudah digunakan, tidak memerlukan update yang sering, dan tidak mengganggu kita dengan iklan-iklannya. Antivirus harus memiliki semua kemampuan yang diperlukan seorang ahli komputer, namun bisa digunakan oleh pemula sekalipun.
5. Fitur-fitur yang Ada
Fitur-fitur yang ada dalam suatu antivirus tidak bisa berupa bell peringatan saja. Harus benar-benar tepat guna, sesuai kebutuhan, dan bisa mengantisipasi munculnya virus masa depan.
6. Updates
Antivirus yang baik selalu awas terhadap virus terbaru dan menyediakan fasilitas updates. Semakin cepat updates ini bisa diakses, akan semakin baik. Bahkan, sejumlah antivirus memberikan pemberitahuan langsung mengenai tersedianya updates dan menjadi bagian dari layanan.
7. Fasilitas Help dan Support yang Bagus
Antivirus yang bagus seharusnya bisa digunakan oleh pemula sekalipun, namun memiliki cadangan manual yang bisa diakses kapan saja jika diperlukan untuk berbagai keperluan. Semakin luas cakupan help dan support yang diberikan, akan semakin bagus.
Fasilitas seperti tersedianya saluran pengaduan telepon maupun online melalui live chat juga bisa menjamin dukungan terhadap penggunaan antivirus.
Selain itu, manual help dan support yang tersedia harus mencakup pengetahuan spesifik tentang penggunaan antivirus tersebut, pertanyaan umum yang banyak diajukan, serta tutorial untuk memandu penggunaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
AYO COMENT . . . .!!!!
PENDAPAT ANDA SANGAT SAYA BUTUHKAN . . . .