Pages

Kamis, 29 Maret 2012

Tips membuat Pekerjaan Lebih Menyenangkan dan Membahagiakan

Pekerjaan tidak akan ‘membunuh’ waktu bersenang-senang bila Anda tahu rahasianya. Anda mungkin kenal dengan tipe rekan seperti ini: tidak pernah terlambat datang ke kantor, pekerjaannya selesai tepat waktu, pergi ke gym beberapa kali dalam seminggu, dan rambutnya tetap terlihat menawan. 
Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin dia bisa mengatur itu semua? Sementara Anda, jangankan untuk pergi ke gym, pergi sejenak dari kursi kerja pun Anda tidak sempat.
Tak perlu sedih, Anda pun bisa menirut gaya mereka. Rahasianya sederhana: milikilah manajemen waktu yang baik, seperti cara-cara berikut ini: 
1. Identifikasi waktu. Tulis jumlah waktu yang Anda habiskan untuk beberapa kegiatan ini: tidur, bekerja, berkencan, berolah raga, mengurus rumah, berkumpul dengan teman dan sebagainya. Dari daftar tersebut cari tahu, dimana letak ketidakseimbangannya, apakah terlalu banyak bekerja, atau justru banyak waktu terbuang tanpa melakukan apapun? Kemudian, tentukan aktivitas mana yang perlu ditambah atau dikurangi porsinya. Tentukan juga mana yang sebaiknya Anda lakukan, atau seharusnya orang lain yang mengerjakannya.

2. Buat Deadline. Pekerjaan akan menuntut untuk terus dikerjakan selama Anda mengizinkannya. Jadi daripada menghabiskan sepanjang hari hanya untuk membereskan file atau membalas email, lebih baik berikan batasan, misalnya dalam 2 jam pekerjaan itu harus selesai. Sehingga sisa waktu hari ini bisa dipakai untuk hal lain, bahkan dimanfaatkan untuk bersantai.

3. Perhatikan Kondisi Tubuh. Kenali waktu biologis Anda, karena pekerjaan pun akan maksimal ketika kondisi tubuh Anda prima. Anda sebagaian orang yang bukan ‘morning people’ sehingga sulit berkonsentrasi ketika harus bangun pagi dan bekerja. Atau justru sebaliknya, seseorang akan merasa lebih fresh, bersemangat dan optimal ketika bekerja di pagi hari dibandingkan dengan saat siang hari.

4. Biarkan Orang Lain Membantu. Terkadang timbul sifat perfeksionis Anda, sehingga tidak percaya pada orang lain dan ingin melakukan semua pekerjaan sendiri demi hasil yang sempurna. Sebenarnya boleh saja Anda melakukan hal tersebut, namun bisa menghabiskan waktu Anda. Mengapa tidak membiarkan orang lain membantu Anda? Misalnya, melibatkan teman untuk menghubungi klien atau mencarikan hadiah untuk si bos. Pekerjaan jadi ringan, kebersamaan pun bisa membuat hubungan dengan rekan kerja makin akrab.

5. Kurangi Basa-Basi. Ketika Anda bertemu dengan klien untuk meeting, awali dengan senyuman dan tentukan porsi waktu untuk sekedar berbasa-basi, misalnya 10 sampai 15 menit. Ingat kembali, apa tujuan utama Anda bertemu dengan klien tersebut. Kembalikan ke topic utama, bila pembicaraan mulai melenceng. Sehingga tujuan Anda bisa terpenuhi dan waktu tidak habis terbuang, hanya untuk mengobrol hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

6. Buat Menu. Sebelum Anda berbelanja, buat daftarterlebih dahulu. Misalnya makanan apa saja yang akan Anda konsumsi dalam seminggu ke depan, dan kebutuhan apa saja yang diperlukan selama sebulan ke depan. Sehingga pada saat berada di pasar, waktu Anda tidak habis terbuang hanya untuk memilh-milih dan mencari barang. Ada baiknya Anda kuasai dengan baik, sehingga waktu Anda bisa efektif di tempat itu.

7. Sempatkan Berolahraga. Apakah tugas kantor menumpuk sehingga Anda tidak sempat berolahraga? Jangan biarkan hal itu terjadi. Teman sebelah Anda juga punya pekerjaan yang sama, namun tubuhnya tetap ideal dan sehat! Rahasianya ada pada bagaimana dia memaksimalkan waktu yang ada, sedikit apa pun, untuk berolahraga. Jadi, bila Anda tahu tidak punya banyak waktu di siang atau malam hari, cobalah berolah raga di pagi hari, sebelum Anda berangkat ke kantor atau beraktivitas lain.

8. Temukan Shortcut. Daripada pusing dan pegal mengelilingi mal demi mendapatkan satu barang, coba manfaatkan online shoppingsehingga Anda bisa belanja dari meja kerja ketika jam makan siang. Selain itu, temukan jalan pintas terdekat untuk sampai ke kantor atau tempat-tempat hangout yang biasa Anda kunjungi.

9. 2 in 1. Ini adalah multitasking yang menyenangkan. Misalnya, ajak teman Anda untuk pergi ke gym bersama ketika akhir pekan, atau Anda bisa manicure – pedicure di rumah saat menonton televisi. Atau boleh juga mencari ide rapat untuk besok, ketika Anda sedang memanjakan diri di salon. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan kegiatan pun akan terasa lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO COMENT . . . .!!!!
PENDAPAT ANDA SANGAT SAYA BUTUHKAN . . . .